Sunday, December 09, 2007

HIDUPLAH DIBAWAH KEMAMPUAN KITA

saya pernah mendengar celetukan dari seseorang pemilikproperty yang saya beli, Wah pak James bisa beli rumahmilyaran masih sering naik motor sama mobil murah.Saya selalu menjawabnya dengan senyuman dan jawabanklise saya orang lapangan pak gak bisa lama2 di AClagipula sekarang keluar Bintaro susah macetnya mintaampun karena lagi di buat jalan bus way PI lagi pulasaya belum menikah jadi kemana2 sendiri celetuk saya.Beliau melihat saya dengan pandangan bingung dan sayamelangkah dengan santainya.
mengapa saya lakukan itu semua??????

saya hanya mencontoh guru saya Pak Tung D W dalam memanage uang. Karena guru yang satu ini walaupenampilannya wah kalo ditanya mengenai manage uangdia yang paling konservatif. waktu pendapatan pak Tungsudah milyaran beliau tidak membeli rumah atau mobilmewah malah sempat beliau mendapat predikat pembicarakere dia malah meng investasikan uangnya dengan datangke seminar2 yang mahal2 di luar sana dan menabung.

mengapa demikian??? karena beliau menggap rumah danmobil itu liability...Ada kebiasan pak tung pada saat itu yang membuat sayaketawa karena mirip sekali dengan saya yaitu dateng kebroker2 dan minta carikan property yang bagus dansetiap ada property yang bagus dia adalah orang yangpaling antusias untuk datang dan melihat tetapi tidakmembeli, (kata beliau dari pada belanja liat2 barangdi mall mendingan belanja liat2 property sama-samagratis). Sampai banyak manager broker yang bosenngelayanin beliau dan bilang "jangan tunjukinpropertynya dia pembeli yang gak ada uang".

saya tanya kenapa bapak melakukan itu dia bilangsebenernya saya bisa aja beli rumah dengan uang sayatetapi saya mau beli rumah dengan tabungan dari bungabank dari uang yang dia peroleh dari usahanya karenadia menggap rumah mewah dan mobil mewah adalahliability.
lalu dia melanjutkan ceritanya ternyata buah daribelanja liat2 dia jadi sensitif dengan harga danketika dapat tawaran hot deal dia langsung bayardengan cash keras, rumah dengan harga pasar 5 milyarbeliau beli dengan harga 1 milyar WOW . dia bilangjika berinfestasi kalo perlu yang sudah untung di awaljangan kita harus nunggu lama.

kalo di itung2 1 milyar dari uang bunga tabungannyaberarti pokoknya berapa???? saya bertanaya2 dalam hatiwih berapa lama dia menunda kesenangan???? saya ajakalo ada uang 100juta di rekening gatel banget pinginbelanjain tuh duit.

lalu dia melanjutkan ceritanya saya mengajarkan kepadaanak saya kalo mau beli mobil baru harus udah punyarumah 2 ???? jadi sekarang papa mau beli mobil baru.saya makin geleng2 kepala 2 rumah baru beli 1 mobil???sekarang mobilnya ada 4 berarti property bapak ada 8???? dia jawab dengan enteng iya dan 7 adalah sewaanjadi ada pasif income.

jadi jangan liat orang ketika suksesnya saja lihatorang ketika dia merintis baru kita tau intisarikesuksesan beliau dan ingat ketika bertemu denganorang sukses jangan minta duit, pinjaman uang, ataukerjaan tanya gimana bapak bisa kaya begini????

semenjak saat itu saya bertekat untuk mengikuti jejakbeliau, ternyata godaannya banyak sekali malah kadang2saya suka melanggar.

dari cerita diatas dapat ditarik keimpulan :
1. Kita harus bisa menunda kesenangan sampai target yang kita tuju tercapai

2. Belanja untuk liability nanti saja ketika kita bisamembeli liability itu dengan bunga hasil kerja atau investasi kita.

3. Perbanyak beli aset yang membuat kas flow kitamakin besar untuk membentuk fondasi awal yang kuat.

4. Tutup telinga mengenai pendapat orang mau di bilangpelit kikir apalah jadi egois dikitlah baik kepadaorang maupun diri sendiri sampai target tercapai.

5. Dalam ber investasi kalau bisa sudah untung di awalkalo tidak jangan beli investasi tersebut.

6. baca Buku Financial Revolusionnya pak Tung untukdetai money management (khe2 kyaiklan aja).

sekian sharing saya semoga bermanfaat

Oleh : jamessastrowijoyo.blogspot.com

No comments: